GenBI Purwokerto

ANIMO MASYARAKAT DALAM MENYAMBUT UANG RUPIAH TERBARU EMISI 2022

Pengenalan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 di GOR Satria Purwokerto

Pemerintah bersama Bank Indonesia telah melaunching 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiag Kertas terbaru Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022). Tujuh pecahan uang kertas TE 2022 tersebut telah resmi berlaku, dikeluarkan, serta diedarkan di seluruh Indonesia bertepatan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77 pada 17 Agustus silam. Dengan peluncuran uang kertas RI TE 2022 tersebut kami sekalu Generasi Baru Indonesia (GenBI) Purwokerto, mengadakan agenda Sosialisasi dan Pengenalan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 yang kita sebut dengan GenBI Impact kepada masyarakat Purwokerto, pada Minggu (25/09) yang berlokasi di GOR Satria Purwokerto.

Tujuan GenBI Purwokerto mengadakan GenBI Impact ialah memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat terkait dengan penegluaran Uang Kertas Baru TE 2022, serta kita juga mensosialisasikan tentang CBP (Cinta, Bangga, dan Paham) Rupiah kepada Masyarakat.

GenBI Impact yang diadakan pada hari ini (25/09) merupakan salah satu agenda pertama dari Bidang Pendidikan departemen Pemberdayaan Masyarakat dalam kepengurusan GenBI Purwokerto tahun 2022. Di GenBI Impact kali ini kita menghadirkan berbagai inovasi dan berbagi informasi terkait dengan uang rupiah TE 2022, seperti cara mengetahui keaslian uang Rupiah, cara menukarkan uang TE 2022, sampai dengan cara menjaga Rupiah sebagai mata uang kebanggan Indonesia.

Antusiasisme masyarakat ketika kita terjun di GOR Satria Purwokerto dalam agenda GenBI Impact pengenalan Rupiah TE 2022 ini disambut meriah oleh masyarakat. Hal ini ditujnjukkan oleh masih tingginya tingkat kepenasaran masyarakat terkait keunikan uang rupiah kertas TE 2022 ini. Team GenBI Impact yang terjun ke lapangan menemukan banyak masyarakat yang terheran heran akan keunikan uang rupiah kertas TE 2022 ini, dimana yang sering kita temui adalah masyarakat yang sangat heran karena Ukuran panjang dari setiap nominal uang kertas TE 2022 berbeda. Itulah keunikan yang sangat sering kita jumpai ketika kita bertanya kepada masyarakat.

Selain itu Team GenBI Impact juga memberikan pemahaman dan pengenalan betapa uniknya uang kertas TE 2022 ini. Dimana Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut : Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik. Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itulah yang team GenBI Impact berikan kepada masyarakat di GOR Satria pada (25/09).

Lewat tulisan ini kami juga ingin membagikan kepada #SobatRupiah bagaimana cara kita mengetahui keaslian uang rupiah, cara mendapatkan uang TE 2022, sampai dengan cara menjaga uang rupiah sebagai mata uang kebanggan Indonesia. Dalam mengenali dan mencermati ciri-ciri keaslian uang rupiah kertas tahun emisi 2022, masyarakat bisa mengeceknya dengan 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).

Yang pertama, jika dilihat, pada pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, dan Rp 20.000, di bagian depan uang tinta berlogo BI berubah warna. Sementara sisanya baik itu pecahan Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000 sama. Dengan dilihat, masyarakat bisa mengecek keaslian uang tahun emisi 2022 dengan melihat gambar di depan dan belakang, nominal pecahan yang ada di bagian depan dan belakang, dan terdapat benang pengaman di bagian depan.

Yang kedua ialah dengan cara diraba, masyarakat bisa merasakan adanya tekstur kasar pada bagian pinggir dan atas uang kertas yang ada di bagian samping dan bawah, baik di bagian depan dan belakang uang kertas. Juga terdapat kode tunanetra (blind code) pada sisi samping kanan-kiri uang kertas bagian depan.

Selanjutnya yang ketiga adalah dengan cara diterawang, masyarakat bisa melihat tanda air (watermark) dan electrotype pada bagian depan dan belakang uang kertas tahun emisi 2022. Serta gambar saling isi (rectoverso) yang ada pada pinggir uang kertas, baik gambar depan dan belakang.

Pada uang pecahan Rp 100.000, gambar bagian depan merupakan sosok Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Dengan gambar bagian belakang berupa tari topeng betawi, pemandangan alam Raja Ampat, dan bunga anggrek bulan. Dengan warna dominan merah. Kemudian pada uang pecahan Rp 50.000 gambar bagian depan adalah sosok Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Dengan gambar bagian belakang berupa tari legong, pemandangan alam Taman Nasional Komodo dan bunga Jepun Bali, dengan warna dominan biru. Adapun uang pecahan Rp 20.000 pada gambar bagian depan adalah sosok Dr. G.S.S.J. Ratulangi, dengan gambar bagian belakang berupa tari gong, pemandangan alam Derawan dan bunga anggrek hitam. Dengan warna dominan hijau.

Pada uang pecahan Rp 10.000 pada bagian gambar depan terdapat sosok Frans Kaisiepo, dengan gambar bagian belakang tari pakarena, pemandangan alam Taman Nasional Wakatobi, dan bunga Cempaka Hutan Kasar, dengan dominan warna ungu. Selanjutnya, pada uang pecahan Rp 5.000, pada bagian gambar depan terdapat sosok Dr. K.H Idham Chalid. Dengan gambar bagian belakang tari gambyong, gunung bromo, dan bunga sedap malam. Dengan dominan warna coklat. Pada uang pecahan Rp 2.000 gambar bagian depan berupa sosok Mohammad Hoesni Thamrin dan pada gambar bagian belakang berupa tari piring, pemandangan alam Ngarai Sianok,dan bunga Jeumpa. Dengan dominan warna abu-abu. Terakhir, pada uang pecahan Rp 1.000 pada gambar bagian depan yakni sosok Tjut Meutia dan gambar bagian belakang yaitu tari tifa, pemandangan alam Banda Neira, dan bunga Anggrek Larat, dengan dominan warna hijau. Kemudian kita juga akan membagikan bagaimana cara menukarkan uang kertas TE 2022.

Syarat dan cara menukar uang baru di bank via aplikasi PINTAR BI:

) Login ke aplikasi PINTAR atau https://pintar.bi.go.id di browser;
2) Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”;
3) Pilih provinsi tempat penukaran uang baru;
4) Lalu pilih jadwal penukaran uang baru sesuai kota.
5) Selanjutnya, lengkapi data seperti NIK, nama, nomor telepon genggam, dan email;
6) Berikutnya masukkan nominal uang yang dikehendaki;
7) Selesaikan petunjuk pemesanan;
8) Jika sudah, simpan bukti pemesanan jadwal tukar uang;
9) Selanjutnya masyarakat datang ke kantor perwakilan yang sudah dipilih;
10) Hitung kembali nominal pecahan dari tukar uang baru di Bank Indonesia.

Cara menukar uang baru emisi 2022 via offline di bank umum:

1) Membawa kartu identitas, seperti KTP ke kantor cabang bank atau mobil kas keliling bank;
2) Pastikan membawa dan memiliki rekening bank;
3) Perhatikan limit penukaran setiap bank, hal ini dilakukan agar penukaran uang baru merata;
4) Selanjutnya ikuti arahan petugas bank sebelum memproses penukaran uang lama ke uang yang baru.

Kemudian kita juga akan memberikan informasi terkait dengan cara menjaga uang rupiah kita supaya tetap bagus, dengan cara 5J, yaitu : Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distaples. Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi.

Demikianlah artikel ini kami buat, supaya Sobat Rupiah mengetahui setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh GenBI Purwokerto khususnya di Bidang Pendidikan Departemen Pemberdayaan Masyarakat, dan bersar harapan kami, Sobat Rupiah semuanya menjadi paham dan mengerti akan uang rupiah kertas terbaru TE 2022 ini dan menjadikan Rupiah menjadi mata uang kebanggaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh : Undang Rizky Nuruddin (GenBI Purwokerto)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *