GenBI Purwokerto

Lulus Beasiswa Bank Indonesia, Bukan cuma duit yang didapat ?

Sebagai latar belakang, saya adalah mahasiswa aktif di salah satu Universitas Negri di Purwokerto. Saya juga merupakan salah satu awardee beasiswa Bank Indonesia tahun 2021. Ini adalah kali pertama saya menulis sebuah artikel tentang beasiswa (memang sebelumnya juga tidak pernah menulis artikel lain). Dalam artikel ini saya akan memberikan afirmasi selama menjadi awardee beasiswa Bank Indonesia.

Berdasarkan UU No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, yang berlaku pada tanggal 17 Mei 1999 telah diubah dari UU Republik Indonesia No.6/2009, Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Dimana hal tersebut berarti tanpa ada campur tangan dari pihak lain maupun pemerintah kecuali dalam hal-hal yang diatur secara tegas dalam UU tersebut.

Bank Indonesia memiliki beasiswa program sosial. Beasiswa program sosial dari Bank Indonesia adalah beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan aktivitas kemasyarakatan (sosial). Beasiswa program sosial Bank Indonesia ini ditujukan kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi Negri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang bekerja sama dengan Bank Indonesia.

Tujuan dari adanya beasiswa program sosial dari Bank Indonesia ini adalah meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, memberikan motivasi bagi yang kurang mampu dan berprestasi agar menjadi pribadi yang mandiri dan produktif. Hal tersebut merupakan bukti nyata dari kepedulian Bank Indonesia terhadap pendidikan di Indonesia sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Beasiswa program sosial dari bank indonesia merupakan salah satu beasiswa yang menggiurkan di kalangan mahasiswa. Bagaimana tidak menggiurkan ? jika kita mendapat dana bantuan sejumlah 1 juta rupiah per bulannya tanpa harus bekerja susah payah siang dan malam.

Selain bantuan biaya kuliah yang didapat, mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia ini juga memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai webinar dan pelatihan dari Bank Indonesia. Belum lagi berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas individu bagi para penerimanya.

Bank Indonesia sendiri memiliki wadah atau komunitas bagi para penerima beasiswanya yang disebut dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI). Komunitas mahasiswa terpilih ini digadang-gadang dapat menjadi energi positif yang mampu berkontribusi untuk membangun negeri. Selain itu, mahasiswa yang terpilih juga akan dibimbing dalam berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk menyalurkan energi positif dan menjadi aspek pendukung kemajuan bangsa.

Beasiswa dari Bank Indonesia ini juga merupakan salah satu beasiswa yang bergengsi. Hal ini sudah terlihat dari apa saja hak istimewa yang didapatkan beserta kegiatan yang dapat saya ikuti. Sudah nampak menjadi anak yang memiliki masa depan cerah bukan ?

Walaupun sekarang ini kebanyakan kegiatan yang diadakan melalui daring akibat pandemi, saya tetap dapat merasakan manfaatnya. Banyak ilmu dan pengetahuan baru yang saya serap dari banyak webinar yang saya ikuti sebagai awardee beasiswa bank indonesia. Selain itu, saya juga sering mendapatkan bonus cenderamata dalam bentuk buku (kalau sedang hoki).

Tidak pernah sebelumnya dalam kehidupan perkuliahan saya merasakan kebanggaan seperti setelah menjadi salah satu awardee beasiswa dari Bank Indonesia ini. Saya bisa membuktikan kepada anak-anak perempuan di desa saya untuk tidak takut bermimpi dan bersekolah tinggi dengan alasan biaya lagi. Dengan demikian, saya mampu merealisasikan projek saya, untuk menemani anak perempuan di desa saya bangkit dan bisa sekolah setinggi mungkin.

Selain itu saya bisa membeli kebutuhan study saya tanpa meminta kepada orang tua, dan saya tidak khawatir lagi untuk tagihan UKT yang mendadak. Pokoknya segala hambatan ekonomi yang menghadang saya langsung sirna dengan adanya beasiswa dari Bank Indonesia ini. Beasiswa ini juga membantu mengurangi insecure dalam diri saya ketika bertemu dengan pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali menekan untuk berpikir lebih.

Terakhir, syarat untuk mendapatkan beasiswa ini hanya ada tiga : kuliah di kampus yang bekerja sama dengan Bank Indonesia (sudah pasti mendapat kuota beasiswa), mendaftar beasiswa, dan lolos seleksi beasiswa.

Adapun tips dan trik lolos seleksinya adalah teliti pada tahap pemberkasan, cermati setiap persyaratan yang ada. Pelajari materi tentang Bank Indonesia, kebijakan barunya, hingga tentang komunitas penerima beasiswa program soisial Bank Indonesia (Generasi Baru Indonesia) untuk persiapan seleksi wawancara. Tidak ketinggalan, luruskan niat yang baik jika nantinya kita lulus seleksi beasiswa, dan dapat menjelaskan career plan maupun projek sosial yang sedang dikembangkan. Sehingga harus sudah jelas kontribusi apa saja yang nantinya akan kita berikan setelah menerima beasiswa program sosial dari Bank Indonesia ini.

Dengan lulusnya kita sebagai penerima beasiswa program sosial dari Bank Indonesia, secara sadar kita menyetujui perjanjian untuk membawa perubahan bangsa menjadi lebih maju. Semoga tulisan ini dapat membantu, Ciao.

Oleh: Risna Mugi Rahayu

Editor: Siti Marfixoh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *