GenBI Purwokerto

Peluang Karya Usaha Pada Masa Pandemic COVID-19

Oleh Anti Zhubaedah

Pandemic yang bermula dari kota Wuhan, China, virus jenis ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia yang menyebabkan timbulnya penyakit coronavirus disease 2019 (COVID-19), World Health Organization (WHO) sudah menetapkan pandemic covid-19 sejak 11 Maret 2020 yang lalu. (1)

Penyebaran covid-19 terjadi begitu cepat seiring bertambahnya waktu, hal ini menjadi ketakutan pada masyarakat dengan bertambahnya jumlah orang meninggal akibat virus covid-19. Hadirnya pandemic covid-19 adalah suatu krisis global yang terjadi di hampir seluruh Negara, krisis ini menyerang berbagai segi kehidupan baik dari kesehatan, pendidikan, social dan ekonomi. Dengan begitu pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan penyebaran covid-19.

Presiden Jokowi menetapkan peraturan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar melalui peraturan pemerintah (PP) Nomor 21 tahun 2020 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan covid-19. Selain itu, presiden juga menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat covid-19. (2)

Dengan adanya kebijakan PSBB tersebut serta himbauan dari pemerintah untuk tetap berada dirumah masing-masing, menjadikan penghasilan dari pekerjaan yang biasa didapatkan saat bekerja diluar rumah menjadi susah didapatkan sehingga banyak masyarakat yang mengalami kesusahan dalam ekonomi. Hal tersebut menuntut masyarakat untuk berkarya kreatif serta inovatif agar tetap bertahan ditengah pandemic covid-19.

Pandemic covid-19 yang telah membersamai sekitar hampir dua tahun, banyak dampak yang terjadi dan dirasakan masyrakat. Provinsi atau kota hampir seluruhnya pasti mengalami perubahan yang signifikan. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa terdapat empat sector yang paling tertekan akibat pandemic covid-19 yaitu rumah tangga, UMKM, korporasi dan sector keuangan. Pertumbuhan ekonomi pun diprediksi akan mengalami kontraksi. (Republika.co.id)

Menurut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut ada 29,4 juta orang yang terdampak covid-19. Jumlah tersebut termasuk mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan tanpa upah hingga pengurangan jam kerja dan upah. (Tribunnews.com). Banyak karyawan yang mengalami PHK tanpa upah serta perusahaan-perusahaan yang gulung tikar akibat pemasukan dan pengeluaran yang tidak seimbang. Hal tersebut pasti akan berdampak pada keluarga dari karyawan yang mengalami PHK, karena pekerjaan terhenti namun kebutuhan hidup sehari-hri tidak berhenti dan terus berjalan. Dari peristiwa tersebut membuat masyarakat korban PHK dituntut untuk berpikir kreatif agar dapat menghasilkan karya yang dapat menjadi sumber usaha yang menjadi ladang pendapatan untuk biaya hidup mereka.

Tidak lupa sektor UMKM yang merasakan dampak dari pandemic covid-19 ini, banyak tempat makan atau toko-toko yang dibatasi pengoperasiannya selama pandemic, dikarenakan kebijakan PSBB yang mengharuskan masyaraka tetap berada dirumah pasti akan mengurangi aktivitas yang dilakukan diluar rumah. Peluang karya usaha saat pandemic menjadi salah satu hal yang bisa diandalkan dan membantu masyarakat dalam bertahan hidup ditengah pandemic.

Kebijakan PSBB yang berlaku menuntut masyarakat agar tetap berada dirumah dan melakukan segala sesuatu secara online. Hal tersebut pastinya sangat berpengaruh pada toko-toko yang belum bertransformasi pada kegiatan ekonomi secara online yang memanfaatkan e-commerce. Untuk memnuhi kebuutuhan hidup yang terus menerus berjalan tanpa henti mengharuskan masyarakat berpikir apa yang harus dilakukan agar tetap mendapatkan penghasilan unuk bertahan hidup.

Sebagai generasi millennial yang merupakan generasi yang paham dan tumbuh bersama media social diharapakan untuk mampu menghadapi tantangan ditengah pandemic. Menumbuhkan jiwa wirausaha merupakan salah satu hal yang dapat diterapkan pada generasi millennial agar dapat menjawab tantangan dan bertahan ditengah gejolak pandemic covid-19. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memulai wirusaha untuk generasi millennial pada masa pandemic covid-19 seperti bisnis makanan dan minuman, new normal kit yang dapat berupa masker, disinfektan, hand sanitizer, produk kesehatan berupa vitamin C, obat herbal, supplement.

Footnote:

(1) Prudential;.co.id

(2) kompaspedia

Daftar pustaka:

https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri/amp#referrer=https://www.google.com

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/upaya-dan-kebijakan-pemerintah-indonesia-menangani-pandemi-covid-19

https://m.tribunnews.com/amp/bisnis/2021/03/27/kemnaker-294-juta-pekerja-terdampak-pandemi-covid-19-di-phk-hingga-dirumahkan

Editor: Siti Marfixoh

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *