GenBI Purwokerto

PENGELUARAN DIAKHIR BULAN SELALU MEMBENGKAK? PENGELOLAAN UANG DENGAN BIJAK SOLUSINYA!

Don’t be enaslaved by money” Jangan diperbudak uang. Perhitungkan dengan matang seluruh keperluan bulanan Anda, jangan lupa membaginya dalam keperluan-keperluan tertentu.

Sebagian besar orang berpendapat bahwa pengelolaan uang bulanan itu cukup susah dan ribet, susah jika uang yang dimilki hanya sedikit sedangkan pengeluaran banyak. Ibarat peribahasa lebih besar pasak dari pada tiang, yang berdampak pada kurang atau habis uang dan timbulnya hutang.  Padahal sebenarnya pengelolaan uang mudah jika mau memahami arti uang. Ada prinsip yang benar-benar harus ditanam dalam pengelolaan uang yaitu mengenal dan memahami uang. Mungkin terdengar sedikit sulit, jadi bagaimana sih cara agar dapat mengenal dan memahami uang?

Ada beberapa langkah mudah yang mungkin bisa anda terapkan agar tidak terjebak dalam kurangnya keuangan atau sulitnya mengelola uang:

1. Berusahalah untuk memahami bahwa uang adalah alat bukan tujuan

Hidup untuk mencari uang, anggapan beberapa orang, bekerja pagi sampai malam, jungkir balik mencari uang sehingga ketika mendapat uang, bukan untuk dinikmati justru semakin gila mencari uang dengan menghabiskan banyak waktunya. Menjadikan uang sebagai tujuan yang berakibat dapat melupakan kodrat manusia sebagai makhluk hidup yang butuh beristirahat. Mati-matian mencari uang hingga melupakan kesehatan badannya “over capacity”, kemudian jatuh sakit yang justru akan menghabiskan lebih banyak uang

2. Jadikanlah uang sebagai budak

Artinya disini bahwa setiap orang berhak menikmati uang yang diperoleh dari hasil usaha keras. Ketika anda mampu menjadikan uang sebagai budak, maka uang akan memenuhi segala keinginan dan kemauan anda karena andalah majikannya.  Banyak orang yang yang beranggapan salah, yaitu diperbudak uang dengan menyiksa hidupnya demi mendapatkan uang, sehingga menimbulkan kegelisahan dan rasa takut berkepanjangan karena takut kehilangan uang. Anda hanya perlu menjaga dan mengelola uang dengan baik agar semua dapt berjalan seimbang dan sesuai dengan porsinya.

3. Investasi

Investasi ke hal yang krusial yang memiliki prospek cerah di masa depan adalah hal yang penting. Fokuslah untuk mempelajari dan mencari informasi investasi apa yang paling meguntungkan dan menjanjikan. Sisihkan sejumlah uang untuk hal tersebut dan jika mapu rutinlah melakukannya.

4. Pembagian keuangan

Buatlah skala prioritas dalam mengelola uang dengan membaginya kedalam beberapa pos. kewajiban seperti pembayaran listrik, air dan lain sebagainya, pengeluaran bulanan seperti sembako, dan berinvestasi. Kejelian dalam pembagian uang sangatlah penting agar tidak terjadi kebocoran pengeluaran uang sehingga menimbulkan adanya pinjaman atau hutang diakhir bulan.

5. Menyisihkan uang untuk keperluan tak terduga “uang darurat

Setelah membagi pengeluaran uang sesuai dengan pos-pos sebelumnya, tambahlah satu pos lagi untuk pengeluaran tak terduga, pengeluaran tak terduga disini misalkan uang duka cita, membeli hadiah pernikahan, atau sumbangan. Pengeluaran darurat diperlukan untuk menjaga hal yang tidak diinginkan. Jika Anda telah siap dengan pos ini, maka menandakan keuangan Anda telah tertata dengan baik.

Kunci pengelolaan keuangan yaitu buatlah skala prioritas, jangan keluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu krusial atau penting. Jangan mau diperbudak oleh uang, namun jangan juga boros mengeluarkannya. Ingatlah bahwa uang adalah alat bukan tujuan. Maka dari itu gunakanlah alat tersebut dengan baik agar selaras dengan manfaat keuntungan yang akan anda peroleh. Selamat mengelola keuangan dengan baik dan bijak!

Oleh : Elsa Wulandari
Editor : Reghina Tasya Ambari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *