GenBI Purwokerto

PENTINGNYA KESEHATAN LINGKUNGAN

Kesehatan Lingkungan

Selama Pandemi-Covid 19 Keadaan lingkungan kita tidak Membaik oleh karena itu kita harus tetap menjaga lingkungan sekitar kita tetap bersih. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar merupakan keharusan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Pandemi covid-19 ini mengharuskan kita untuk memiliki kebiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hidup sehat merupakan hal yang seharusnya diterapkan oleh setiap orang karena manfaat yang didapat sangat banyak, mulai dari kesehatan jiwa dan raga hingga kefokusan dalam mengerjakan sesuatu, serta pada kesejahteraan hidup anggota keluarga serta terciptanya suasana yang indah.

Adapun berbagai cara yang membuat kita tetap menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah penyakit menular dengan menjaga kebersihan lingkungan agat tetap terjaga dan aman serta nyaman.

  1. Pencemaran lingkungan merupakan sebuah perubahan besar pada kondisi lingkungan akibat adanya perkembangan ekonomi dan teknologi yang melebihi batas ambang dari toleransi ekosistem sehingga meningkatkan jumlah polutan di lingkungan.
  2. Pengurangan pencemaran lingkungan mulai dari langkah kecil yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan mengurangi penggunaan plastik dan mengolah sampahnya.
  3. Plastik merupakan produk serbaguna, ringan, fleksibel, tahan kelembaban, kuat, relatif murah, dengan segala kelebihannya plastik gemar digunakan dalam berbagai kegiatan manusia menyebabkan produksi plastik semakin meningkat.
  4. Membersihkan rumah dan sekitarnya bisa meminimalkan paparan virus, gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh. Gunakan air dan sabun atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendinsinfeksi.

Manfaat ketika kita menjaga lingkungan agar tetap sehat :

  1. Lingkungan Sehat Hindari Berbagai Penyakit.
    Sebagai cotohnya saja ketika musim hujan, jentik-jentik nyamuk cepat sekali berkembang. Jadi untuk mencegah penyakit demam berdarah, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan genangan air entah itu didalam kaleng, ember bekas atau di pot-pot bunga.
  2. Lingkungan Sehat Berkaitan dengan Kesehatan Mental.
    Udara yang bersih, air yang bersih, dan banyak ruang terbuka yang hijau dapat membuat kualitas hidup seseorang. Dari hasil penelitian orang cenderung senang melihat lingkungan yang hijau karena untuk menurunkan tingkat kecemasan dan depresi akibat banyaknya aktivitas yang membosankan.
  3. Lingkungan Sehat Lebih Nyaman untuk Ditinggali.
    Semakin bersihnya lingkungan maka semakin nyaman orang untuk menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu orang akan senang mengunjungi tempat tinggalmu ketika lingkungan sekitar rumahmu bersih.

Menjaga kesehatan lingkungan tidak hanya kewajiban setiap individu saja, namun kita bersama, selain merupakan anugrah yang telah diberikan sang pencipta kepada hambanya, kesehatan lingkungan harus tetap terjaga agar orang-orang disekitar kita terhindar dari penyakit, karena kesehatan tidak ternilai harganya oleh apa pun didunia ini. Terkadang pada saat kita sehat, kita melupakan akan nikmat tersebut dan ketika kita sakit baru menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan yang bersih. Mari kita jaga lingkungan kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Oleh : Wa Ode Huspiani
Editor : Diah Titi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *