GenBI Purwokerto

PODCAST GENBIRA 2 : GAYA HIDUP SEHAT DENGAN GIZI SEIMBANG DAN DIET SEHAT

Serangkaian acara Podcast GenBira pada Minggu, (3/12/2023) (Dok.Panitia)

Purwokerto, GenBI Purwokerto- GenBIra 2 hadir membawa misi guna memeriahkan Hari Gizi Nasional 2024 yang dilaksanakan oleh GenBI Purwokerto bidang kesehatan dengan menghadirkan sebuah mini podcast yang menarik dan spesial pada Minggu, (3/12/2023).

“Gaya Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang dan Diet Sehat” ialah tema yang diangkat dalam podcast GenBIra 2. Pokok pembahasan ini dibawakan oleh pemateri atau narasumber yakni seorang Sarjana Gizi Universitas Jenderal Soedirman, Azhillani Tahta Arsyika Putri, S.Gz. Azhillani mengatakan “gaya hidup sehat adalah komitmen untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Ini melibatkan keputusan yang sadar dan berkelanjutan untuk mengadopsi kebiasaan sehat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari untuk mendukung kesehatan fisik, mental, dan emosional seseorang. Sedangkan diet sehat pada prinsipnya adalah keseimbangan antara jumlah asupan dengan pemenuhan kebutuhan. Diet sehat tidak melulu berkaitan dengan penurunan berat badan, tetapi juga bertujuan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Contohnya ada diet DASH ini untuk hipertensi, diet TETP, diet rendah lemak, rendah serat, jadi disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari setiap individunya. Diet sehat selain tentang menjaga keseimbangan asupan dan kebutuhan juga berkaitan dengan aktivitas fisik utamanya. Ketika tujuannya adalah penurunan berat badan ya selain untuk

membakar kalori juga untuk menjaga kebugaran tubuh.”

Penting untuk diingat bahwa diet sehat bukanlah tentang membatasi apalagi melarang makanan tertentu secara drastis, tetapi tentang memilih makanan yang baik untuk kesehatan dan memperhatikan pola makan secara keseluruhan.

Pedoman gizi seimbang bukan lagi tentang 4 sehat 5 sempurna karena sudah tidak relevan dengan perkembangan ilmu dan permasalahan kesehatan saat ini. Perbedaan mendasar antara slogan 4 sehat 5 sempurna dengan pedoman gizi seimbang adalah konsumsi makan sehari- hari harus mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah (porsi) yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang atau kelompok umur. Konsumsi makanan harus memperhatikan prinsip 4 pilar yaitu aneka ragam pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal.

Adapun 10 pesan gizi seimbang :

  1. Syukuri dan nikmati keanekaragaman makanan;
  2. Banyak makan sayur dan cukup buah;
  3. Biasakan konsumsi lauk pauk dengan protein tinggi;
  4. Biasakan konsumsi aneka ragam makanan pokok;
  5. Batasi konsumsi pangan;
  6. Biasakan sarapan;
  7. Biasakan minum air putih yang cukup;
  8. Biasakan membaca label nilai gizi pada kemasan pangan;
  9. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir;
  10. Melakukan aktivitas fisik dan mempertahankan berat badan normal.

Azhillani juga mengatakan cara mengatasi hambatan atau masalah dalam menjalani gaya hidup sehat dengan gizi seimbang dan diet sehat adalah sebagai berikut:

  1. Buat rencana makan;
  2. Tingkatkan pengetahuan gizi;
  3. Temukan makanan pengganti yang sehat;
  4. Kelola stres dengan cara yang sehat;
  5. Dapatkan dukungan;
  6. Jaga motivasi;
  7. Jangan berlebihan.
Sesi Penyerahan Plakat kepada Pemateri Podcast GenBira 2 (Dok. Panitia)

Podcast GenBira 2 merupakan program kerja tahunan GenBI Purwokerto pada bidang kesehatan dengan rangkaian kegiatan podcast seputar ilmu kesehatan dalam rangka ikut memeriahkan Hari Gizi Nasional setiap tahunnya.

Panitia GenBI Purwokerto dalam bidang kesehatan berharap agar Podcast GenBIra 2 turut memberikan informasi dan motivasi mengenai informasi kesehatan untuk sobat GenBiers dan masyarakat umum lainnya.

Hambatan dan tantangan selalu menyertai setiap langkah, namun tidak menyurutkan semangat Panitia GenBI Purwokerto bidang kesehatan dalam menyukseskan Podcast GenBIra 2.

Penulis : Panitia Podcast GenBIra 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *