GenBI Purwokerto

Workshop Digital Marketing

GenBI Purwokerto 2020 Bidang Ekonomi, Departemen Pengembangan Perekonomian Mayarakat, mengadakan sebuah program kerja yaitu Workshop Digital Marketing dengan tema “Improve UMKM Marketing with Digital Solution” materi dibawakan oleh saudara Sahfri Yanto dari Kampung Marketer Purbalingga. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah webinar yang diikuti oleh semua anggota GenBI Purwokerto, Umum serta UMKM yang terlibat dalam binaan BI dan non binaan BI. Program kerja ini sudah dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2020 melalui aplikasi virtual Zoom Meeting. Acara dimulai pada pukul 13.00 dengan pembukaan oleh MC yaitu saudari Nurinawati Kurnianingsih dan saudara Arif Rahman Hakim sebagai moderator.

Tujuan diadakannya workshop tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada anggota GenBI, masyarakat umum serta UMKM mengenai Digital Marketing. Karena pada dasarnya pemasaran merupakan salah satu tahapan paling penting dalam proses penjualan suatu produk. Dengan semakin berkembangnya teknologi, model pemasaran telah banyak berubah dari tipe konvensional menjadi digitalisasi. Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Banyak kelebihan digital marketing dibandingkan upaya pemasaran tradisional.

Kelebihan tersebut adalah kemudahan dalam menjangkau target pasar lebih luas, membutuhkan biaya yang lebih kecil dan menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen. Dalam prakteknya, pelaksanaan digital marketing memerlukan kreatifitas,dan inovasi pebuatan bahan untuk bisa menyampaikan value produk yang diinginkan atau istilahnya konten marketing. Visualisai gambar menjadi salah satu kunci kesuksesan marketing. Kualitas gambar harus jelas, disesuaikan dengan karakter produk, dan harus mampu menyesuaikan dengan pesan yang akan disampaikan kepada audiens. Dengan hal tersebut maka pembeli akan merasa dapat berimajinasi mengenai produk yang dilihatnya, tertarik dan pada ahirnya membeli barang tersebut.

Program kerja Workshop Digital Marketing ini berjalan dengan lancar sampai selesai. Banyak dari peserta kegiatan yang antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri. Diakhir acara dipilih beberapa peserta yang aktif bertanya, dan kemudian diberi hadiah berupa voucher pulsa senilai Rp. 50.000 untuk 7 orang yang beruntung.

Penulis : Bidang Ekonomi

Editor : Adam Fanny Mahdi Al Haq

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *